Sabtu, 14 November 2015

Ketapang termasuk kota terbesar di Kalimantan Barat


Ketapang termasuk kota terbesar di Kalimantan Barat


Oleh: Firman Ramdana

Dibaca dulu baru sampai habis, baru komentar ya guys.

Sebelumnya ada beberapa poin yang penulis sampaikan terkait dengan artikel ini:

1. Penerbangan Langsung (Bukan Transit) dari Ketapang - Pontianak lebih banyak dibanding Sintang - Pontianak dan Putusibau - Pontianak. Ketapang-Pontianak tercatat 7 maskapai perhari yang beroperasional sedangkan Sintang - Pontianak hanya 2 maskapai per hari. Jika Netizen punya data tentang kota lain seperti Landak, Singkawang, Sanggau, dsb. silahkan komentar ya !
2. Lu kalo mau ke luar Kalimantan kalo nggak Via Pontianak ya.. Lewat Ketapang lah guys. Bandara Ketapang punya maskapai langsung untuk ke luar Kalimantan misalnya Ketapang - Semarang (Enggak Transit yah) Belum lagi akses laut yang menawarkan 2 Kapal Penumpang. Sepertinya baru Ketapang dan Pontianak deh yang punya Pelabuhan penumpang.
3. Ketika Pontianak dan Singkawang punya XXI, Ketapang justru pertama kali yang punya Cinemaxx bro. Wahh... udah kayak Jogja, Bandung dan Malang aja nih Ketapang. wkwkwk
4. Hypermart, Matahari Mall, CFC, KFC Drive thru sudah hadir di Ketapang.
5. Ada yang tau nama masjid besar di Pontianak? Udah liat? Piknik dulu ke Ketapang sepertinya masjid Al Iklhas Ketapang lebih besar dan lebih megah dibanding masjid agung di Pontianak.
6. Katedral Ketapang memang tak seindah Katedral Sanggau dan Sintang. Tapi, lebih besar dan di Kota Ketapang terdapat 2 Gereja sebesar Katedral Sintang dan Katedral Sanggau. yakni: Katedral Santa Gema Galgani dan Gereja Payak Kumang.
7. Selain memiliki banyak pantai, Kota Ketapang berada tepat di Tepian Laut yang memberikan sentuhan indahnya disaat malam.

Mari kita ulas lebih dalam...
INGAT!!! BACA DULU BARU KOMENTAR !! SELAMAT MENCICIPI TULISAN INI.

Ukuran untuk sebuah kota besar tidak hanya dilihat dari segi demografi saja, namun jumlah penduduk, infrastruktur, tingkat ekonomi, hingga gaya hidup juga menjadi tonggak ukuran apakah kota tersebut termasuk kota besar yang mengalami perkembangan secara pesat. Secara administrative, di Provinsi Kalimantan Barat tercatat 12 Kabupaten dan 2 kota. Yakni: Kab. Mempawah, Kab. Kuburaya, Kab. Sanggau, Kab. Sekadau, Kab. Sintang, Kab. Ketapang, Kab. Melawi, Kab. Kapuas Hulu, Kab. Kayong Utara, Kab. Landak, Kab. Bengkayang, Kab. Sambas, Kota Pontianak, dan Kota Singkawang. Dari beberapa ibu kota kabupaten tersebut, Kota Pontianak menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Tentu tidak bias dipungkiri bahwa Pontianak ialah kota terbesar di Kalimantan Barat.
Jika kita melihat perkembangan kota-kota yang ada di Kalimantan Barat, ternyata selain Pontianak, masih banyak kota lainnya di Kalimantan Barat yang mengalami perkembangan sangat pesat. Baik secara insfrastruktur dan ekonomi, demografi, gaya hidup dan sebagainya. Dari 12 ibu kota kabupaten dan 2 kota tersebut, Pontianak ialah kota nomor 1 terbesar di Kalimantan Barat. Sebagai ibu kota provinsi yang sedang berkembang secara pesat, Pontianak terus membangun insfrastruktur, fasilitas umum, jalur transportasi, tempat hiburan dan sebagainya yang mampu menunjang kehidupan masyarakatnya. Bahkan saat ini, Kota Pontianak mulai banyak berdiri hotel-hotel baru, bahkan saat ini sedang dibangun mall baru yang cukup luas.
Selain Pontianak, Kota Ketapang bisa dikatakan sebagai kota kedua terbesar di Kalimantan Barat setelah kota Pontianak. Banyak orang mengatakan bahwa Kota Ketapang ialah kota kembarnya Pontianak di Kalimantan Barat. Selain memiliki luas wilayah perkotaan yang besar, saat ini Kota Ketapang memiliki fasilitas transportasi darat, laut, udara. Dari segi transportasi, Kota Ketapang tengah mempersiapkan diri untuk membangun bandara baru yang tidak kalah megahnya dengan Bandara Supadio Pontianak, yakni Bandara Tanjung Pasar. Sedangkan bandara yang saat ini sedang beroperasi juga akan direnovasi dengan design tak kalah juga dengan Bandara Supadio Pontianak. Bandara tersebut ialah Bandara Rahadi Oesman, yang melayani penerbangan langsung maupun transit(Kalteng, Pontianak, Semarang, Jakarta, dsb.) Selain transportasi udara, kota Ketapang juga memiliki pelabuhan I dan pelabuhan II yang menghubungkan antar pulau.
Sebagai kota yang sedang berkembang pesat dengan jumlah penduduk yang cukup tinggi dan mengenal pentingnya hiburan, Kota Ketapang mampu menjawab tuntutan hidup masyarakatnya dengan berdirinya sebuah Mall (Borneo City Mall), Alun-alun Sepakat, Wisata Pantai, Wisata Hutan Kota, Taman Kota Ketapang, Restoran, dsb. Saat ini banyak hotel-hotel baru yang sedang dan akan dibangun. Beberapa hal yang perlu diketahui bahwa Ketapang ialah kota yang sedang ingin bersaing dengan Ibunya (Pontianak.Hehehe….). Di Kalimantan Barat, Kota Ketapang salah satu kota yang masuk destinasi hotel dan penerbangan di Traveloka. Di Traveloka, (Coba kamu browsing) Cuma Ketapang dan Pontianak yang masuk destinasi.
Selanjutnya, di Kalimantan Barat. Selain di Pontianak, hotel Aston bisa kita temui di Ketapang, begitu juga dengan Hotel Borneo Emerald, pusat perbelanjaan hypermart, Restoran cepat saji seperti KFC,CFC, Coffee inc, dsb. Tempat-tersebut juga bisa kita temui di Ketapang. Bahkan, di bidang keagamaan, masjid terbesar di Kalimantan Barat juga sedang dibangun di kota ale-ale ini. Masjid tersebut bisa dikatakan sebagai masjid kedua terbesar setelah yang ada di Pontianak. Begitu juga di bidang pendidikan, Ketapang tengah gencarnya mendirikan perguruan tinggi dan sedang dalam pengkajian untuk pengembangan universitas. Saat ini ada beberapa perguruan tinggi yang sejak lama beroperasi.
Berdasarkan beberapa referensi yang penulis kumpulkan, Ketapang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi Kota sendiri sebagai embrio pemekaran daerah otonomi baru, dimana kota Ketapang menjadi Ibu Kota Provinsi. Saat ini, Sukadana yang sudah memisahkan diri menjadi kabupaten baru yaitu Kabupaten Kayong Utara dengan pariwisata sebagai sectornya yang paling terkenal saat ini. Selanjutnya akan berdiri kabupaten baru seperti Kendawangan, Sandai, dan Tumbang Titi. Demikian opini tentang Ketapang termasuk kota terbesar di Kalimantan Barat.

 Cinemaxx Ketapang


Masjid Al-Iklas Ketapang

Saat ini sedang beroperasi Bandara Rahadi Oesman. Namun Ketapang akan membangun Bandara baru yang lebih besar

Penampakan dalam Borneo City Mall

Penampakan Hotel Aston. Di Kalimantan Barat cuma ada di Ketapang dan Pontianak lho.hehehe

Ayo...di Kalbar, selain di Pontianak dimana lagi selain Ketapang yang udah ada hypermartnya.wkwkwk

KFC Ketapang

Pelabuhan Ketapang

Terima Kasih. Jangan lupa berkunjung ke Ketapang. :)



15 komentar:

  1. Kotamadya Singkawang bang.sebelum Ketapang.Singkawang sudah terlebih dulu ada hypermartnya.bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarpun singkwang lebihz dulu, perkembangan kota ketpang lebih pesat atau cepat di banding singkawang

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Sesama anak kalimantan barat jangan lh kita saling siku jungung terus persatuan dan kesatuan untuk kemajuan kalbar sendri karna klau bkan kita siapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi

      Hapus
    4. anda dapat data dari mana kalau ketapang kota terbesar ke2 di kalbar??
      secara zona/areal/luas daerah memang ketapng karna terkenal daerah perkebunan nya dan tambang, kalau untuk kota singkawang jelas lbih besar kota nya dibanding ketapang.

      Hapus
    5. Saya orang melawi. Saya pernah ke singkawang dan ketapang. Menurut saya kota ketapang lebih besar dari kota singkawang. Kota Ketapang itu padat😁😁😁

      Hapus
    6. Kalau perlabuhan kdw yg terbesar di kabupaten Ketapang,dan terpanjang

      Hapus
  2. Ayo kita dukung Kalimantan barat untuk lebih maju dari Kalimantan timur,

    BalasHapus
  3. Yg buat artikel nin rada" sepuk dgn melebeh" kan gaam,

    BalasHapus
  4. Tulisan yg bagus,, moga bisa jalan2 k sana, salam dr banjarmsin^^

    BalasHapus
  5. Kalau bicara urutan kota terbesar di Kalbar kayanya perlu tambah dikit deh wawasan penulis, itu kota Singkawang dari segi penduduk lebih banyak dari kota Ketapang, Singkawang penduduknya 192 ribu jiwa lebih, sementara Ketapang masih 151 ribu jiwa... sebelum menulis ada baiknya survey langsung di lapangan...

    BalasHapus
  6. Untuk menyatakan kota A lebih besar B harus mempunyai tolok dari beberapa aspek.musalnya apa beda klasifikasi pemerintahan kota dan pemerintahan kabupaten

    BalasHapus
  7. Kota ketapang kalau di bandingkan dengan kota Sintang, sanggau,sekadau,melawi,putusibau,ngabang, bengkayang, mempawah, kubu raya, sukadana, tetap ketapang lebih besar, tapi klw dgn mempawah Sya kurang tau, soalnya gk pernah k Singkawang, ketapang itu luas,bangunannya tertata rapi

    BalasHapus